Hikayat

Maret 09, 2018 Forum Tarbiyah 0 Komentar

Bismillahirrahmanirrahim

BERSAMA TARBIYAH, KITA MELANGKAH


Alhamdulillah, Segala puji bagi Allah Subhanahu Wata‟ala yang menganugerahkan segala noktahan nikmat iman dalam ruh, nikmat ilmu dalam akal, dan segala nikmat dalam jasad. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah pada tokoh nomor wahid kita, Rasulullah Shallallahu „Alaihi Wassalam beserta keluarga, shahabah dan seluruh ummatnya hingga akhir zaman.

Mengenang kembali jejak-jejak dakwah, kita tidak akan pernah dapat melepaskan peran penting mereka; para mahasiswa, dosen, da’i, murabbi yang bersatu padu bersama berjuang mensyiarkan Islam di seantero kelas-kelas kampus, seminar demi seminar, kajian bahkan terjun ke ruang dakwah di kilang hingga masyarakat.

Mereka-mereka itulah yang kemudian kita sebut sebagai sang inisiator terbentuknya kampus rabbani hasil dari binaan kepribadian yang mantap di negeri asal mereka Indonesia dan kemudian dibawa risalah tersebut kemana pun mereka berlabuh termasuk di ladang dakwah baharu di kampus-kampus Malaysia. Mereka yang berbekal semangat dan idealisme menjadi motor yang seolah tidak pernah kehabisan energinya. Bahkan, keterbatasan yang mereka miliki seolah tidak pernah menjadi penghalang bagi gerak kebaikan mereka. Tanpa ruang, alam terbuka menjadi tempat yang begitu nyaman. Minus dana bukan menjadi alasan untuk tidak berbuat.

Sejarah itu bermula dari diskusi-diskusi sederhana, kecil, singkat, dan dengan segala keterbatasannya hingga tanpa terasa langkah-langkah mengikhtiarkan kontribusi mulai dirintis. Dalam kebersamaan itu, para pejuang dakwah itu senatiasa membawa cita-cita yang tidak banyak orang mencita-citakannya.

Maka sejarah pun mencatat hadirnya satu langkah niat yang mulia dengan menoktahkan sebuah organisasi dakwah yang bernama Forum Tarbiyah (FOTAR). FORUM TARBIYAH sebagai organisasi dakwah kampus yang dipelopori oleh mahasiswa mahasiswi Indonesia yang bermastautin dan belajar di International Islamic University Malaysia (IIUM). Yang berasaskan dari nama FUSI (Forum Ukhuwah Studi Islam, 2007) dan mengubah nama menjadi Forum Tarbiyah (FOTAR) pada tahun 2010.

FOTAR HADIR DI TENGAH KITA DENGAN LANDASAN PEMIKIRAN DAN CITA-CITA MULIA ANTARA LAIN BERASASKAN PADA:


“Maka barang siapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat balasannya. Dan barang siapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat balasannya.” [Qs: Az-Zalzalah:7-8]

”Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.” [As Shaff: 4]

“Dan siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang-orang yang menyeru (berdakwah) kepada Allah , mengerjakan amal shalih dan berkata: Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” [Fushilat:33]

“Sungguh, kami berbuat di jalan Allah untuk kemaslatan seluruh manusia, lebih banyak dari apa yang kami lakukan untuk kepentingan diri kami. Kami adalah milik kalian wahai saudara-saudara tercinta, bukan untuk orang lain. Sesaat pun kami tak akan pernah menjadi musuh kalian.” [Hasan Al Banna]

“Panjangnya usia bukan dilihat dari panjangnya umur, melainkan dari panjangnya kesadaran.” [Sayyid Qutbh]

“Merendahlah, engkau akan seperti bintang gemintang. Jangan seperti asap yang membumbung tinggi ke angkasa, namun tiada berguna.” [KH. Rahmat Abdullah]

FALSAFAH LOGO FORUM TARBIYAH




Warna hijau yang mendominasi sebagai simbol dari warna Islam dan garis-garis diartikan sebagai bekerja berjama’ah dan berkesinambungan.

Kerangka Logo IIUM yang menandakan Forum Tarbiyah bermastautin di IIUM.

Gambar buku diartikan ForumTarbiyah selalu mengajarkan keseimbangan fikriyyah (akal), ruhiyyah (hati) dan jasadiyyah (fisik).

Forum Tarbiyah memiliki sistem susunan pengurus yang dipilih melalui SYURO (MUSYAWARAH)

KETUA
SEKRETARIS BENDAHARA
PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
PENDIDIKAN SOSIAL
ANNISA
SYIAR MEDIA


KETUA

Pengurus inti yang diamanahkan untuk memimpin organisasi dakwah yang kokoh berbasis pengembangan kapasitas ummat ini. Sebagai pemimpin yang bertanggungjawab atas anggotanya dan jalannya roda organisasi serta menjadi qudwah hasanah serta motivator bagi anggota.

SEKRETARIS

Pengurus inti yang diamanahkan untuk membangun ide, gagasan dan konsep serta mengatur administrasi organisasi. Bertanggung jawab dengan kesekretariatan organisasi dan administrasinya serta membantu ketua dalam menggerakkan mesin organisasi.

BENDAHARA

Pengurus inti yang diamanahkan untuk memimpin organisasi dakwah yang kokoh berbasis pengembangan kapasitas ummat ini. Bertanggung jawab atas sirkulasi keuangan organisasi.

DIVISI PSDM
[Pengembangan Sumber Daya Manusia]


Sebuah divisi yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi dasar anggota sesuai dengan visi dan misi organisasi
1. Kaderisasi ibarat jantung dalam tubuh. Apabila fungsi kaderisasi tidak jalan bukan tidak mungkin lagi pergerakan akan stagnan bahkan mati. Degan beberapa tujuan diantaranya adalah:
2. Meningkatkan pemahaman anggota Forum Tarbiyah yang ada di lingkungan IIUM tentang ilmu harokiyah, tsaqofah keislaman secara umum, maupun life skill dan
3. Membina ruhiyyah tarbawiyyah pekanan anggota Forum Tarbiyah IIUM dan bersinergi dalam pengkaderan.
4. Semua yang dilaksanakan untuk mencapai generasi rabbani yang memiliki muwashshofat tarbiyyah yang baik dan benar.

10 KARAKTER TARBIYAH (MUWASHOFAT TARBIYAH


  1. Salimul Aqidah (Good Faith)
  2. Shahihul Ibadah (Right Devotion)
  3. Matinul Khuluq (Strong Character)
  4. Qowiyyul Jismi (Physical Power)
  5. Mutsaqqoful Fikri (Thinking Brilliantly)
  6. Mujahadatun Linafsihi (Continence)
  7. Harishun ‘ala Waqtihi (Good time management)
  8. Munazhzhamun fi Syu’unihi (Well Organized)
  9. Qodirun ‘alal Kasbi (Independent)
  10. Naafi’un Lighoirihi (Giving Contribution)



DIVISI PENDIDIKAN DAN SOSIAL

Sebuah divisi yang bergerak dalam bidang pendidikan dan sosial masyarakat, pemberdayaan masyarakat umum, dan jaringan eksternal hingga internasional
1. Pendidikan dan Sosial (PENSOS) merupakan bidang yang berfungsi sebagai pendakwah dan penyebar kebijakan FOTAR kepada publik dalam bahasa universal.
2. Penyampaian visi dan misi FOTAR secara baik hingga FOTAR dapat diterima secara luas (universalitas)
3. Dan bersinergi dalam pengkaderan.

Tidak hanya itu, masyarakat Indonesia non mahasiswa (cleaner) menjadi ladang kontribusi kerja bidang pensos. Semoga dengan adanya sinergi antara mahasiswa Indonesia dan pekerja yang berasal dari Indonesia akan memperkokoh barisan dan memperbesar potensi dalam mewujudkan kemaslahatan bersama dan bersinergi dalam pengkaderan.


DIVISI ANNISA

Sebuah divisi yang mengurusi peningkatan capacity building yang bersifat khusus kepada muslimah Fokus kerja bidang keakhawatan dalam pemberdayaan potensi mahasiswi IIUM baik secara fisik, akal, maupun spiritual.

DIVISI SYIAR MEDIA

sebagai divisi yang menjadi pusat informasi seputar FOTAR dan menjadi pionir dalam menjadikan sosial media sebagai wasilah dakwah

Adapun Mahasiswa yang pernah diamanahkan menjadi KETUA FORUM TARBIYAH IIUM :

Muhamad Abduh (2008 - 2010)
Mahasiswa Master of Economics

Khairul Ashdiq (2010 - 2011)
Mahasiswa Master of Human Sciences in History and Civilization

Idrus Aljufri (2011 - 2012)
Mahasiswa Master of Business Administration 

Hambari Nursalam (2012 - 2014)
Mahasiswa Fiqh-Usul Fiqh, KIRKHS (Degree & Master)

Amjad Dhiyaulhaq (2014 - 2016)
Mahasiswa Political Science, KIRKHS

Kieren Akbar (2016 - 2018)
Mahasiswa Fiqh-Usul Fiqh, KIRKHS

Tsabat Robbani (2018 - Sekarang)
Mahasiswa Mass Communication, KIRKHS


Demikianlah hikayat singkat tentang Forum Tarbiyah IIUM dan semua ini diniatkan semata-mata sebagai bagian dari ibadah pada Allah SWT (ALLAHU GHOYATUNA), dan hanya mengharapkan keridhaan-Nya.

Semoga FOTAR semakin aktif dan kontributif bagi dakwah di lingkungan IIUM dan selalu mendapatkan keridhaan dari Allah SWT dalam keistiqomahan bekerja untuk ummat, bangsa dan Islam. Allahumma aamiiin.

„Alallahi na‟budu wanasta‟inu wa hayya nahnu nastabiqul khairaat.

Wassalam Malaysia,
Sepanjang Jalan Dakwah.

Mari Kita Bekerja Untuk Ummah.

Bismillahirrahmanirrahim BERSAMA TARBIYAH, KITA MELANGKAH Alhamdulillah, Segala puji bagi Allah Subhanahu Wata‟ala yang menganugerahka...

0 Komentar: