Izzah (Harga Diri)

Januari 24, 2020 Forum Tarbiyah 0 Komentar



“Setiap kebaikan itu nasehat, untuk dirinya sendiri dan orang lain. Dan usahakan untuk setiap nasehat itu tidak melukai yang lain, maka jika kamu menegur jangan sampai menghina, mendidik jangan sampai memaki, dan memberi jangan sampai mengungkit.”

Memaksa dan dipaksa itu sama-sama tidak enak, apalagi yang kamu paksa adalah hati. Tapi tidak mengapa jika yang dituju itu suatu kebaikan, untukmu dan untuknya. Semisal memaksa untuk menjaga diri dari berkomunikasi dengan lawan jenis pada perihal yang tidak penting. Menghindari fitnah dan pintu-pintu jatuh hati sebelum masanya.

Ada yang mengatakan naluri wanita itu lebih nyaman curhat dengan laki-laki, dan naluri laki-laki yang lebih nyaman curhat dengan wanita. Sob, yang benar adalah naluri setiap hamba untuk curhat pada Rabbnya, tapi jarang disadari karena memang yang lebih diutamakan kedekatan dengan manusia ketimbang Allah, benarkan ? Yang menghidupkanmu Allah, maka Allah pula yang akan menghidupimu, tapi semua akan buram jika yang dicari bukan Dia, tapi hati manusia yang tidak pernah mungkin kamu dapatkan selamanya.

Jika setiap hasil harus ada harga perjuangannya, maka untuk berhasil menjadi wanita yang terjaga izzahnya dan laki-laki yang terjaga pendiriannya apa tidak ada harganya? Harga itu adalah perjuanganmu menjaga izzahmu, harga dirimu.

Selamat dan semangat menjaga hati juga harga diri.

@jndmmsyhd

“Setiap kebaikan itu nasehat, untuk dirinya sendiri dan orang lain. Dan usahakan untuk setiap nasehat itu tidak melukai yang lain, mak...

0 Komentar: