Positif Menghadapi Ujian

Desember 20, 2019 Forum Tarbiyah 0 Komentar



Bismillahirahmanirrahim,
Sering kali kita mengeluh dan mempertanyakan “Ya Allah kok bisa kita dapet cobaan kayak gini”, “Ya Allah apa ana doang yang ngerasain kayak gini?”.

Ya, ana pun juga kadang melakukan hal yang sama. Padahal, setiap manusia senantiasa akan diberi musibah atau ujian yang berbeda-beda. Walaupun berbeda-beda, Allah menguji seseorang, karena Allah SWT ingin menguji sejauh mana keimanan dan kesabaran kita. Dan dari ujian yang Allah berikan itu, kita menjadi matang, dan juga kita akan masuk dalam golongan orang-orang yang sabar, dan tentunya yang dicintai oleh Allah SWT.

Abu Hurairah r.a. berkata, bahwa Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang dikehendaki Allah menjadi orang yang baik maka dia akan diberi-Nya cobaan.” (H.R.Bukhari).

Jadikanlah ujian Allah menjadi motivasi kita dalam memanen pahala, tapi perlu diingat setiap masalah diselesaikan dengan cara yang diajarkan oleh Islam tentunya. Jangan sampai karena ingin cepat selesai masalahnya justru kita menggunakan cara-cara yang dilarang oleh Allah SWT. Terus kita harus bagaimana kalau ada cobaan datang menimpa kita?

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, ‎sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.‎ (Al Baqarah: 153)

Sholat dan sabar adalah kunci untuk mengatasi ujian hidup yang kita hadapi. Dari sholatlah ketenangan itu datang, sehingga berpikir akan lebih jernih. Dan dengan sabarlah, tidak akan ada emosi, dan hal negatif lain yang ikut campur dalam menyelesaikan masalah kita. Yakinlah, bahwa ujian yang diberikan nantinya akan menghapuskan dosa-dosa kita.

Menyelesaikan masalah juga tidak cukup hanya dengan usaha kita, berdo’alah kepada Allah SWT karena Allah SWT yang memberikan ujian maka Allah swt juga yang mampu menyelesaikan. Kita juga harus cepet move on ketika satu masalah sudah terselesaikan dengan baik. Terlalu lama terlarut-larut dalam masalah yang lampau juga tidak baik yang ada nanti kita malah stuck dan tidak dapat melalukan hal positif lainnya.

“Maka apabila kamu telah selesai (dari suatu urusan), maka kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain. Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap” (Q.S. Al Insyirah :7 – 8)

Jadi, yuk! ubah pola pikir dan attitude kita saat mendapat ujian. Ucapkanlah “Alhamdulillah, terima kasih ya Allah” karena kita tahu, bahwa selain Allah menunjukkan tanda cintanya, juga banyak hal baik yang akan Allah berikan setelah ujian itu sendiri. Apapun perkara yang menimpa diri kita, Insya Allah, akan menjadi kebaikan kalau dihadapi dengan sikap positif dan optimis, ikhtiar yang maksimum dan diikuti dengan doa. Sesungguhnya pertolongan Allah akan selalu ada untuk hambanya.

Penulis: Muhammad Yaqzhan

Bismillahirahmanirrahim, Sering kali kita mengeluh dan mempertanyakan “Ya Allah kok bisa kita dapet cobaan kayak gini”, “Ya Allah apa a...

0 Komentar: