Rahasia Nikmatnya Menghafal Al Quran (Resensi)

November 06, 2019 Forum Tarbiyah 0 Komentar


"Hafiz Al-Quran itu mulia, bukan saja karena terbawa kemuliaan Al-Quran. Tetapi lebih dipengaruhi rasa cinta, cita-cita, niat tulus dan kesungguhan menghafal yang teruji."

Dari sekian banyak buku-buku motivasi menghafal Al-Quran yang pernah saya baca, buku ini adalah yang paling berkesan dan tak jenuh dibaca berkali-kali. Buku ini selalu ampuh jadi moodbooster setiap kali terasa berat saat mengulang hafalan. Gaya penulisan Ustad Deden memang terbilang sedikit sastra, tapi tidak mengurangi keasikan pembaca dalam menyimak tulisan yang beliau sajikan.

Pada bagian prolog, penulis menceritakan kisah perjuangan beliau menghafal Al-Quran selama 56 hari. Berdasarkan pengalaman penulis, ditulislah buku ini yang dibagi menjadi tiga bagian.

I'dad (Persiapan)
Bagian ini berisi tentang bekal-bekal yang harus dipersiapkan oleh para penghafal Al-Quran sebelum mulai menghafal. Bagaimana cara agar kita bisa jatuh cinta pada Al-Quran, cara-cara tepat membaguskan bacaan hingga manajemen waktu dan pemilihan tempat yang tepat untuk menghafal.

Kayfiyyah (Metode)
Berbeda dengan buku bertema sama yang menekankan cepatnya menghafal, dalam buku ini penulis mengajak para pembaca untuk memaknai lebih dalam hakikat dari menghafal Al-Quran itu sendiri. Bagaimana proses menghafal ayat demi ayat itu tak terasa seperti beban, namun sebuah kenikmatan. Dalam bagian ini juga dijabarkan perlunya mujahadah atau kesungguhan dalam menghafal, pentingnya doa dan ibadah serta berbagai ujian yang mungkin saja mengiringi perjalanan seorang Penghafal Al-Quran. Dan yang paling penting dari semuanya, tawakal kepada Allah semata.

Muhafazhah (Penjagaan Sepanjang Hayat)
Tahapan terakhir ini sesungguhnya bukanlah akhir. Karena saat seorang penghafal Al-Quran menyelesaikan setoran hafalannya, sejatinya ia sedang memulai penjagaan ayat-ayat cahaya itu hingga akhir hayatnya. Penulis memberi metode bagaimana belajar memelihara hafalan Al Quran, periode waktu mengulang hafalan sesuai dengan daya ingat hingga mencapai puncak kenikmatan menghafal.

Ada banyak quote menohok yang akan menyentil di setiap paragraf buku ini. Salah satunya adalah, "Jika membaca buku ini mengurangi waktu Anda murojaah (mengulang hafalan) segera tinggalkan!" Buku ini sangat direkomendasikan bagi siapa saja yang ingin menghafal Al-Quran, sedang menghafal ataupun bagi yang sudah menyelesaikan hafalan.



Rahasia Nikmatnya Menghafal Al Quran | Deden Muhammad Makhyaruddin | Noura Books (lini Mizan) | 2013 | 287 halaman |

Peresensi: Alya Adzkya

"Hafiz Al-Quran itu mulia, bukan saja karena terbawa kemuliaan Al-Quran. Tetapi lebih dipengaruhi rasa cinta, cita-cita, niat tulus ...

0 Komentar: