Bersamamu, Di Jalan Dakwah Berliku (Resensi)

Oktober 18, 2019 Forum Tarbiyah 0 Komentar



"Jalan Allah ini sangat panjang. Untunglah kita tidak diwajibkan untuk sampai ke ujungnya. Hanyasanya kita diperintahkan untuk mati di atasnya." (Syaikh Muhammad Nasiruddin Al-Albani)

Judul buku ini diambil dari tajuk tabligh akbar yang diadakan di Islamic Book Fair setahun sebelumnya. Ditulis oleh kedua ustadz penulis kondang, jadilah buku bergizi ini kolaborasi apik dari beliau berdua. Bagi yang sudah akrab dengan buku-buku terbitan Pro-U Media, tentu tak lagi asing dengan konsep 'dua wajah' dari buku ini. Sisi pertama ditulis oleh Ustadz Salim A. Fillah yang menulis tentang dakwah. Sedangkan sisi kedua ditulis oleh Ustadz Felix Y. Siauw yang bercerita tentang ukhuwah.

Ustadz Salim memberikan penjelasan tentang dakwah secara singkat, melalui garis besar tafsir Qur'an Surah Yusuf ayat 108. Kata per kata, kalimat per kalimat dijelaskan dengan amat apik. Mulai dari jalan dakwah yang panjang tempuhannya, sedikit kawanannya, juga banyak timpaannya hingga sampai pada titik dimana kita menentukan posisi diri. Kita akan diajak menelusuri kisah-kisah dakwah Rasulullah S.A.W juga para sahabat, tabi'in dan ulama-ulama sesudahnya dalam memperjuangkan agama ini.

Bab yang paling menyentuh dari bagian ini adalah saat sampai ke akhir ayat. Pada titik di mana kita mungkin mempertanyakan diri sendiri; Kemana ilmu akan membawa kita? Lebih dekat dengan Allah atau justru menjauhkan kita dari-Nya? Sudahkah niat kita lurus dalam berdakwah dan menuntut ilmu?

Sisi lainnya yang berkisah tentang ukhuwah, juga dituliskan dengan begitu indah. Menelaah sebab-sebab kenapa kita sekarang ini mudah berpecah, padahal doa-doa yang kita langitkan masih sama. Kenapa kita mudah sekali berselisih paham pada sesama, namun mudah pula bertenggang rasa pada yang tak seharusnya.

Ah, mungkin kita terlalu sibuk pada diri sendiri, hingga tak sempat bersilaturahmi. Padahal jika kita mau sedikit saja meluangkan waktu untuk saling melihat, betapa sesama kita memiliki lebih banyak persamaan daripada perbedaan. Ustadz Felix menuliskan bagian ini dengan halaman yang tidak terlalu tebal, namun sarat makna.

Dengan total halaman berkisar 250-an, buku kecil ini sungguh sarat makna dan begitu berkesan. Bagi Anda yang sedang ingin mendalami makna tentang dakwah dan ukhuwah dengan gaya bahasa yang ringan, ‘Bersamamu, Di Jalan Dakwah Berliku’ adalah pilihan yang tepat.

Bersamamu, Di Jalan Dakwah Berliku | Salim A. Fillah & Felix Y. Siauw | Pro-U Media | 2016 | 256 halaman |

Peresensi: Alya Adzkya 



"Jalan Allah ini sangat panjang. Untunglah kita tidak diwajibkan untuk sampai ke ujungnya. Hanyasanya kita diperintahkan untuk ma...

0 Komentar: