Rahasia Sang Fajar

Juni 21, 2019 Forum Tarbiyah 0 Komentar

Source: temanku.com

Serangkaian ibadah dan aktivitas yang kita amalkan selama Ramadhan tentunya masih membekas dikeseharian kita dan berharap dapat terus dilanjutkan selepas Ramadhan. Beberapa dari kita ada yang menargetkan untuk melanjutkan rutinitas seperti atau aktivitas lain. Begitu banyak dampak positif yang ditinggalkan bulan Ramadhan, dari sekian banyak kebiasaan kita selama Ramadhan, ada satu kebiasaan yang sangat berharga untuk dilepas yaitu ‘Bangun sebelum adzan subuh’.

Satu bulan penuh kita mengupayakan diri sebisa mungkin untuk bangun sebelum azan subuh untuk menyempatkan bersahur. Diawal berlangsungnya Ramadhan mungkin ini sesuatu yang cukup berat untuk dilakukan, namun seiring berangsurnya waktu, kita mulai terbiasa bangun sebelum adzan subuh bahkan tanpa alarm atau dibangunkan kawan. Akan tetapi perubahan jam biologis ini jarang kita sadari.

Mari kita lihat mengapa kebiasaan ini sangat disayangkan apabila kita tinggalkan. Rasulullah pernah menasihati Fatimah untuk bangun dan jangan menjadi orang yang lalai karena Allah memberi rezeki pada hambanya diantara terbit fajar dan terbit matahari. Rasulullah juga berpesan kepada kita untuk bangun dipagi hari dan mencari rezeki, sesungguhnya pada pagi hari terdapat barokah dan keberuntungan. Di dalam riwayat lain Rasul bersabda “Dua rakaat subuh lebih baik dari dunia dan seisinya” (HR. Muslim).

Itulah beberapa keutamaan bangun subuh dari sisi spiritual. Nyatanya bangun pagi tidak hanya berdampak pada spiritual kita saja, namun juga berdampak bagi kesehatan terutama untuk para pelajar. Pernahkah kita merasa menghabiskan hari tanpa mendapatkan apa-apa? Bisa jadi itu karena tidak adanya perencanaan yang dipersiapkan dengan matang, dengan bangun lebih awal kita bisa menyempatkan waktu untuk menyusun jadwal dari pagi hingga malam.

Disamping itu, bangun pagi juga menjadikan tubuh kita lebih fresh. Pada masa-masa ujian sering kali kita memilih untuk belajar hingga larut, padahal dengan tidur lebih awal dan bangun pagi, tidak hanya badan yang lebih segar tetapi otak juga berfungsi lebih optimal karena udara segar yang kita hirup akan memperkaya oksigen di dalam darah dan memperlancar aliran darah ke otak sehingga otak berfungsi maksimal, dengan memaksimalkan fungsi otak maka memori otak kita akan meningkat.

Begitu banyak manfaat yang dapat kita raih apabila bangun di awal pagi, dan masih banyak manfaat lainnya. Sangat merugi rasanya bila kebiasaan ini lepas begitu saja. Seperti ucapan Ketua Ikatan Dai Indonesia (Ikadi), Prof. Dr. Ahmad Satori Ismail, “Setiap Muslim hendaknya menyadari posisi sebagai hamba Allah, bukan hamba Ramadhan”. Jangan sampai peningkatan amalan kita hanya di bulan Ramadhan saja, tetapi juga berlanjut untuk kedepannya.

Yuk mulai besok kita jaga bangun sebelum adzan subuh, untuk dunia dan akhirat yang lebih baik.

Penulis: Muhammad Rasyid Abdurrahman

Source: temanku.com Serangkaian ibadah dan aktivitas yang kita amalkan selama Ramadhan tentunya masih membekas dikeseharian kita dan be...

0 Komentar: