Jeda Sejenak

Oktober 14, 2018 Forum Tarbiyah 8 Komentar


source: unsplash.com




Pernahkah kamu merasa sudah sangat lelah menjalani keseharian? Rasanya, ingin berhenti saja. Rasanya, kalau bisa melarikan diri dan menghilang kamu mungkin akan memilih kemungkinan tersebut. Penat. Lelah. Tak hanya fisik, keadaan emosional pun sama labilnya. Lelah yang mendera benar-benar menguji batas akhirmu.

Saat-saat di mana kita merasa apa yang dilakukan seolah tak ada yang benar. Saat-saat kita merasa ingin berhenti saja dari apapun yang sedang dijalani saat ini. Saat-saat rasanya ingin menangis saja karena luapan emosi yang tak lagi terbendung.

Tenang, Kawan. Kamu tidak sendirian. Aku, kamu dan banyak orang di luar sana juga pernah mengalaminya. Jangan merasa begitu pecundang karena ingin menyerah saja pada apapun itu yang sedang kamu coba jalani saat ini. It’s okay. It’s okay to feel not okay.

Yang kamu perlukan saat ini hanyalah jeda. Ambil jeda sejenak. Coba beri reward pada dirimu atas semua pencapaianmu sejauh ini. Coba istirahat dari apapun yang membuat kamu merasa se-hectic ini. Tarik napas yang dalam, lakukan hal-hal yang sekiranya mampu membuat mood kamu kembali membaik.

Kita sangat perlu mengambil jeda sejenak. Tidak harus untuk me-review apa-apa saja yang akan dan telah kamu lakukan sebelumnya. Cukup ambil jeda sejenak untuk menenangkan diri. lakukan hal-hal positif yang akan membuat kamu bahagia. Menonton film misalnya, membaca buku penulis favorit, atau sekadar hangout bersama teman-teman.

Seperti juga tulisan yang memerlukan spasi dalam porsi yang tepat agar bisa dibaca dan dimengerti, kita juga butuh spasi dalam hidup kita. ‘Spasi’ tadi kita butuhkan tak hanya untuk menenangkan diri, namun juga untuk lebih mengenali diri sendiri.

Barangkali karena terlalu sibuk, kamu jadi lupa melakukan hal-hal kecil yang membuatmu bahagia. Barangkali karena terlalu padat, jadwal ibadahmu jadi tidak tersusun rapi seperti sedia kala. It’s okay. Take a rest. Ambil jeda sejenak untuk menyusun kembali hidupmu, untuk memastikan dirimu menjalani hari-hari dengan menyenangkan nantinya.

Selama jeda tersebut, coba telusuri apa-apa saja yang terasa hilang atau tertinggal. Mungkinkah karena kesibukan selama ini ibadah-ibadahmu jadi sering terbengkalai? Mungkinkah target-target harian seperti tilawah Al-Quran sering ter-skip begitu saja? Ambil jeda sejenak. Tenangkan dirimu, lakukan hal-hal yang menyenangkan, lalu susun kembali rutinitas harianmu.

Mungkin membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk membuatmu merasa enjoy seperti dulu. Tak apa, take your time. Ambil jeda sebanyak yang kamu butuhkan. Lalu mulai kembali semuanya dengan senyuman.

Ditulis oleh : Annisa Alya Adzkya 

source: unsplash.com Pernahkah kamu merasa sudah sangat lelah menjalani keseharian? Rasanya, ingin berhenti saja. Rasanya, kalau bi...

8 komentar: