Dakwah Itu Cinta

Desember 15, 2017 Forum Tarbiyah 0 Komentar


Gambar : youthkiawaaz.com

Dakwah itu mengajak, bukan mengejek.
Dakwah itu membina, bukan menghina.
Dakwah itu cinta. Ingin bersama dengan orang yang didakwahi di surga adalah bukti cintanya.

Sebenarnya, Apa sih dakwah itu? Dakwah merupakan penyampaian pesan-pesan tertentu berupa ajakan dengan tujuan agar orang lain memenuhi ajakan tersebut. You know guys? Berdakwah itu adalah sebuah kewajiban bagi setiap umat manusia. Dan, dakwah itu bisa dilakukan oleh berbagai profesi. So, ga perlu malu untuk kita semua untuk mulai berdakwah menurut bidang keahliankita masing-masing. Selama yang disampaikan itu bermanfaat. 
Why not?

FYI, perintah berdakwah sebenarnya udah diatur di surat Ali Imran Ayat 104:

“Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung”.

Now, berdakwah itu gak sulit seperti zaman Nabi terdahulu kok. Dengan segala kemajuan zaman, dakwah itu tidak hanya sebatas memberikan ceramah di tempat-tempat formal seperti masjid, mushola atau sekolah. Dakwah juga bisa kita lakukan mulai dari hal yang simple, seperti share ayat demi ayat Al-Quran dan informasi lainnya yang bermanfaat melalui media sosial yang kita punya. Isi status kita dengan hal yang bermanfaat, sehingga bisa memberikan manfaat untuk para pembacanya. Dengan dakwah, kita bisa memancing hati yang lagi galau, resah, dan geslisah supaya menjadi rasa cinta kepada Allah SWT. 

Guys, ternyata walaupun dakwah itu mudah, tetapi di balik segala kemudahan tersebut, Allah menjanjikan keutamaan yang sangat berlimpah bagi hamba-Nya yang mau melakukannya. Seseorang yang senantiasa berdakwah, nanti ketika dia meninggal, Allah senantiasa mencatatkan amal-amal kebaikan dari orang-orang yang diajaknya dahulu. So, walaupun orang tersebut sudah meninggal, tetapi ia senantiasa mendapatkan pahala dari orang-orang yang masih ada di dunia.

Barangsiapa menunjukkan kepada ‘amal kebaikan, maka ia mendapatkan pahala yang sama seperti pahala orang yang mengamalkannya”. (HR. Abu Dawud)

Ketika kita berdakwah, kita juga harus memperhatikan adab dan akhlak yang baik. Sesuatu yang benar akan terlihat buruk jika tidak disampaikan dengan cara yang benar. Terkadang, ketika kita menyapaikan suatu kebenaran, kita kurang memperhatikan kesiapan hati orang yang kita hadapi untuk menerima apa yang kita sampaikan. Dan seringkali, hal tersebut malah menyakiti hati orang lain walaupun hal yang kita sampaikan adalah suatu kebenaran dan kebaikan. 

“Open the heart, not break the heart”

So, mulai sekarang, ayoo kita bersama-sama berada di jalan dakwah, Istiqamah di jalan-Nya, mengamalkan ilmu yang diperoleh, dan berdakwah dengan cinta-Nya.
Semoga Allah senantiasa rida dengan apa yang kita kerjakan. Aamiin.

Penulis: Amanda Kumala Sari

Gambar : youthkiawaaz.com Dakwah itu mengajak, bukan mengejek. Dakwah itu membina, bukan menghina. Dakwah itu cinta. Ingin ber...

0 Komentar: