Zona Nyaman

November 25, 2017 Forum Tarbiyah 0 Komentar

Image result for ilustrasi orang solat
Gambar : fimadani.com

Sholat itu adalah zona nyaman. Karena itu Allah SWT memerintahkan dengan bahasa "Aqim" ( Jadikan ia tempat bermuqim ), bukan "Addi" (tunaikan).

Tempat bermukim yang paling nyaman adalah rumah, tempat kembali di kala resah, tempat bercerita tentang keluh dan kesah, tempat istirahat jika jiwa mulai lelah. Karena itu Rasulullah SAW memerintahkan sahabat mulia Bilal "Duhai Bilal, bawalah kita istirahat sejenak dengan sholat". Bawa kita istirahat ke rumah kita duhai Bilal dari letihnya fisik dan jiwa.

Allah memuji tatkala seseorang bisa khusyu' dalam sholatnya. Syarat awal kekhusyu'an dalam sholat adalah "tuma'ninah" (ketenangan). Duhai apalagi yang dicari oleh orang-orang hari ini??? Tak semua orang bisa merasa tenang dan bahagia. Bahkan walau berada di rumahnya. Tak sedikit akhirnya berusaha mencari ketenangan dan kebahagiaan sesaat, melalui hal-hal yang Allah SWT tak pernah redho dengannya.

Duhai bersyukurlah jiwa yang bisa menjadikan sholatnya tempat bermukim. Jiwa yang bisa nyaman dan nyenyak ketika berada di rumahnya. Yang sama sekali tak pernah malu mengadukan aib serta keluh kesahnya. Celakalah orang-orang yang hanya menjadikan sholatnya layaknya hutang. Karena itu Allah SWT tidak memerintahkan dengan kata "Addi" (tunaikan). Ketika kewajibannya tertunai, ia enggan untuk kembali. Dan ia ingin bagaimana secepatnya bisa pergi.

Karena itu, sholat didalam Al-quran tak selalu memiliki konotasi positif. Ketika ia berdiri sendiri terkadang bermakna negatif. Wailun lil mushallin ( Celakalah orang-orang yang sholat). Orang-orang yang melalaikan sholatnya. Ia enggan menjadikannya rumah, tempat kembali dikala gundah. Ia lebih suka menganggapnya hutang, yang bisa diulur waktu ketika menunaikan. 

Ya Allah jadikanlah kami beserta keturunan kami, termasuk golongan orang-orang yang menjadikan sholatnya tempat bermukim.


Penulis : Moe Azz

Gambar : fimadani.com Sholat itu adalah zona nyaman. Karena itu Allah SWT memerintahkan dengan bahasa "Aqim" ( Jadikan ia te...

0 Komentar: