Uluwul Himmah

Oktober 25, 2017 Forum Tarbiyah 0 Komentar

Image result for ilustrasi orang yang bersemangat
Gambar : life.idntimes.com

Ini kisah terbaik. Sang Kholilullah, Rasulullah SAW. Semangat juang memperoleh kemenangan islam hingga nafas terakhir di usia 63 tahun. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam menganjurkan seandainya hari kiamat akan tiba besok, sedang dalam genggaman kita ada biji yang ingin kita tanam, maka tanamlah.

Ini menunjukkan bahwa kita harus memiliki semangat dan tekad yang kuat dalam segala hal sekalipun kemungkinan  yang ada untuk mencapainya sangat kecil.

Secara bahasa uluw adalah “ tinggi “ , himmah adalah “ tekad atau semangat “. Maksudnya adalah setiap muslim harus mempunyai semangat juang dan tekad yang tinggi dalam mencapai cita-cita atau target kehidupan. Everyone has their own goals right?

Tidaklah Rasulullah sang putra padang pasir mengajarkan kita untuk hidup dalam kemalasan mencapai sesuatu. Kalau mau kaya, ya harus berusaha dan kerja keras. Kekayaan kita sebagai muslim dapat membantu saudara kita yang membutuhkan, menjadi dermawan adalah salah satu sifat dari Abu Bakar As-Shidiq.

Faedah dari seorang yang mempunyai himmah yang tinggi adalah, tertanamnya kebiasaan teratur dalam kegiatan ibadah maupun aktifitas lainnya. Kegiatannya lebih tersusun, tujuannya lebih jelas dan hidupnya lebih bersemangat. Orang dengan himmah yang tinggi akan mengatur setiap kegiatannya supaya benar-benar bermanfaat dan mendukung tercapainya harapan yang ia cita-citakan.

Uluwul Himmah kepada Allah, salah satu usaha untuk mendekatkan diri kepada Allah. Sekiranya kita lagi jauh dari-Nya, rebut kembali kasih-Nya dengan uluwul himmah. Karena hidupnya hanyalah Allah semata, ingin menggapai ridho-Nya dan mendapatkan surga-Nya, akan melaksanakan setiap perintah-perintah-Nya tanpa sedikitpun inkar dan tidak akan melanggar larangan-larangan-Nya. Segala sesuatu yang dapat menghambat tercapainya tujuan ini akan ia tinggalkan.

“ Jagalah himmahmu, sesungguhnya himmah adalah awal dari setiap perkara ”

Penulis : Afifah Dinar 

Gambar : life.idntimes.com Ini kisah terbaik. Sang Kholilullah, Rasulullah SAW. Semangat juang memperoleh kemenangan islam hingga na...

0 Komentar: