Menggapai Seribu Kebaikan dalam Sehari

Oktober 30, 2017 Forum Tarbiyah 0 Komentar

Image result for bertasbih
Gambar: pewartaekbis.com

Seorang mukmin pasti akan selalu ingin mendapatkan kebaikan dalam perjalanan hidupnya. Kebaikan adalah karunia terindah yang paling berharga di dunia ini. Tanpa kebaikan, dunia akan menjadi kelam. Maka dari itu, manusia berusaha agar selalu ingin mendapatkan kebaikan dalam ke-hidupannnya. 

Tahukah kalian bahwa kita bisa memperoleh seribu kebaikan dalam sehari?  Ya, seribu. Siapakah yang bisa memperoleh amalan sebanyak itu dalam satu hari? Sesungguhnya itu mudah sekali bagi orang yang bersungguh-sungguh untuk mendapatkannya.

Hamba Allah yang menjadikan akhirat sebagai tujuan utamanya, maka apapun jalan untuk meraihnya akan selalu dilakukan. Orang yang mengharapkan catatan amalnya penuh dengan amal shaleh pada waktu di hisab nanti, itulah yang dimaksud orang yang bersungguh-sungguh. Tidak ada muslim yang tidak tergerak hatinya ketika mendengar kalimat “menghasilkan seribu kebaikan dalam sehari”. Fikiran mereka dipenuhi rasa ingin tahu bagaimana cara untuk menggapainya. 


عَنْ مُوسَى الْجُهَنِيِّ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ نُمَيْرٍ وَاللَّفْظُ لَهُ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا مُوسَى الْجُهَنِيُّ عَنْ مُصْعَبِ بْنِ سَعْدٍ حَدَّثَنِي أَبِي قَالَ كُنَّا عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ أَيَعْجِزُ أَحَدُكُمْ أَنْ يَكْسِبَ كُلَّ يَوْمٍ أَلْفَ حَسَنَةٍ فَسَأَلَهُ سَائِلٌ مِنْ جُلَسَائِهِ كَيْفَ يَكْسِبُ أَحَدُنَا أَلْفَ حَسَنَةٍ قَالَ يُسَبِّحُ مِائَةَ تَسْبِيحَةٍ فَيُكْتَبُ لَهُ أَلْفُ حَسَنَةٍ أَوْ يُحَطُّ عَنْهُ أَلْفُ خَطِيئَةٍ

Musa al-Juhani menuturkan kepada kami dari Mush’ab bin Sa’d. Dia mengatakan: Ayahku menuturkan kepadaku, dia berkata: Dahulu kami berada di sisi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian beliau mengatakan, “Apakah salah seorang di antara kalian tidak mampu untuk menghasilkan pada setiap hari seribu kebaikan?”. Lalu ada seorang yang duduk bersama beliau bertanya, “Bagaimana salah seorang di antara kami bisa menghasilkan seribu kebaikan?”. Beliau menjawab, “Yaitu dengan bertasbih (membaca subhanallah) seratus kali, maka dengan itu akan dicatat seribu kebaikan atau dihapuskan darinya seribu kesalahan.” (HR. Muslim dalam Kitab adz-Dzikr wa ad-Du’a wa at-Taubah wa al-Istighfar)

Hikmah yang dapat diambil ialah luasnya rahmat Allah, sehingga dengan melakukan amalan yang sedikit seseorang dapat memperoleh balasan yang amat banyak. Allah sangat menyayangi hamba-Nya. Ia tak akan pernah lelah untuk membalas kebaikan seseorang. Manusia dapat melakukan seribu kebaikan setiap hari, bahkan lebih dari itu juga mampu. Tetapi ingat lagi bahwa semua hal tentunya atas izin Allah, tanpa kehendak-Nya manusia tidak akan bisa berbuat apa-apa. Manusia berusaha dan Allah lah yang menentukan segalanya.

Mulailah untuk mengucapkan tasbih setiap harinya kapanpun itu. Ketika selesai shalat, menunggu antrian, berjalan sendirian, berdiam diri ataupun merenung karna Allah senantiasa mencintai hamba-hamba yang meninggikan kalimat-Nya. Ingatlah diri-Nya, maka Ia akan mengingat kalian. Jangan pernah merasa paling baik, karena kita adalah hamba-hamba yang tidak pernah luput dari kesalahan. Tidak mungkin ada manusia yang mencapai derajat kesempurnaan. Tutupilah dosa-dosa dengan melafalkan tasbih kepada Allah SWT 100 kali saja dalam sehari, bahkan lebih. Dengan begitu 1000 kesalahan yang ada pada dirimu akan dihapuskan-Nya.

Sungguh sebuah amalan yang begitu mudah. Tinggal pasangkan niat untuk selalu mengamalkannya. Gerakkan hati serta lidah untuk berdzikir mengingat-Nya maka Ia akan segera membalasnya. Ia adalah sebaik-baik pembalas kebaikan, tak ada yang bisa menggantikannya. Semangat dalam menggapai beribu-ribu kebaikan dan jangan pernah menyerah!

Mudah-mudahan hadits di atas dapat menjadi penyemangat hidup kita untuk berlomba-lomba mendapatkan kebaikan dan senantiasa mengisi hidup dengan amal shaleh. Sehingga nantinya kita bisa menjadi orang yang beruntung dihadapan-Nya dan mendapatkan naungan-Nya pada hari kemudian. Aamiiin.

Penulis: Musfirah

Gambar: pewartaekbis.com Seorang mukmin pasti akan selalu ingin mendapatkan kebaikan dalam perjalanan hidupnya. Kebaikan adalah karu...

0 Komentar: