Bangun Pagi Yuk!

Oktober 20, 2017 Forum Tarbiyah 0 Komentar

Image result for bangun pagi
Gambar : beritagar.id

Dalam hidup ini kita mempunyai banyak pilihan, dari pertama kali kita membuka kelopak mata sampai akhirnya tidak sadar diri (re:tidur). Termasuk sampai hal kecil seperti jam berapa kamu bangun tidur pun ada pilihannya. Bangun pagi mungkin menjadi hal yang challenging apalagi saat cuti midbreak. Ya, hari libur adalah waktu dimana kita bisa tidur sepuasnya, bisa “membayar” sleepless nights karena assignment dan sebagainya. Tapi, adakah yang pernah merasakan perbedaan antara bangun jam 6 dan bangun jam 10 pagi? Mungkin setiap orang mempunyai pendapat yang berbeda, tapi aku pribadi merasakan perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya.
 
Istilah morning person dan evening person sering digunakan untuk mendeskripsikan kebiasaan seseorang. Maksudnya adalah membedakan antara orang yang menurutnya pagi hari merupakan waktu terbaik untuk memulai segala aktifitas, dan juga orang yang cenderung mengerjakan aktifitasnya sore-malam dan baru bisa tidur dini hari. Sebenarnya, itu semua tergantung kepada jam tubuh masing-masing, bagaimana kita mengatur waktu antara saat kita terjaga dan saat kita memerlukan istirahat yaitu tidur dimana fungsi otak dapat berjalan kembali normal setelahnya. Balik kepada pernyataan diatas, ada suatu hari dimana aku sadar bahwa terdapat perbedaan antara bangun tidur jam 6 dan 10. Usai bangun pagi solat subuh, aku berusaha untuk tidak tidur lagi. Aku mencoba untuk melakukan apa saja untuk menghilangkan rasa kantuk. Di waktu lain, aku tetap bangun pagi meskipun jam menunjukkan pukul 10. Hanya selang 4 jam tapi bisa jadi dari situlah kita dapat menentukan kesuksesan.

Ketika otak masih fresh, baiknya kita isi dengan hal yang bermanfaat. Orang tuaku pernah menyindir “Kira-kira bisa gak kalau bangun tidur yang dilihat pertama bukan handphone, tapi Quran dulu?”. Ibaratnya jadikan kitab suci ini seperti koran pagi yang biasa dibaca bapak-bapak sambal minum kopi (bukan bapak-bapak aja sih, mamak-mamak pun boleh). Setelah itu, kita boleh melakukan gerakan-gerakan senam kecil, sekedar untuk membangunkan sel-sel tubuh kita. Menandakan “Oi, bangun yuk sudah pagi nih”, jadi mereka juga akan siap untuk dipaksa bekerjasama seharian. Terkadang otak dan tubuh kita jalannya gak sinkron. Contohnya, di pikiran kita udah mau gosok gigi, tapi yang di-apply oleh tangan ke sikat gigi malah sabun cuci muka Ponds. Lalu baru sadar ketika digosok yang timbul bukan busanya melainkan foam halus, rasa pasta giginya bukan mint segar tapi malah pahit. Jadi, perlu waktu juga buat otak dan tubuh untuk dapat mulai bekerjasama dengan baik.

Pagi hari juga waktu yang tepat untuk mengulang pelajaran yang belum kita pahami dalam kelas, melanjutkan assignment yang belum kelar, atau mungkin ada homework yang diberikan dosen. Ohya, jangan lupa juga untuk memenuhi kewajiban perut. Karena selama 7-8 jam (waktu normal orang tidur) perut kita kosong, jadi ketika bangun harus ada sesuatu yang masuk ke perut kita untuk segera dicerna oleh lambung. Sebaiknya kita sarapan ditemani minuman yang hangat, jadi bisa melancarkan metabolisme. Kalau bisa pada saat itu juga kita udah menjalankan bisnis besar pertama, sehingga tidak memberatkan perut dan enteng dibawa kemana-mana 

Berbeda ketika bangun pagi jam 6, waktu yang ada hanya sedikit untuk mempersiapkan diri kalau bangun paginya agak kesiangan. Akhirnya harus tergesa-gesa mandi, sampai kelas udah basah keringat karena berangkatnya sprinting, lari dengan kecepatan maksimal bukan jalan santai. Ujung-ujungnya (biasanya) ada suatu hal yang tertinggal entah lupa bawa notes/homework atau lupa ada materi kuliah yang harus diprint dari italeem. Selama di dalam kelas juga tidak bisa fokus karena baru bangun udah disuguhin materi kuliah bukan sarapan. Alhasil, apa yang dijelaskan oleh lecturer tidak bisa diproses dengan baik dan ilmunya ga dapat. Maksudnya butuh waktu lagi untuk memahaminya. Belum lagi rasa malas dan kurang bersemangat tiba-tiba menyergap selama seharian, ini menurut pengalaman pribadi. 

Rasulullah SAW bersabda "Keberkahan bagi umatku mengalir di waktu pagi buta mereka,"(H.R. Ath.Thabrani dalam Al-Ausath). Ada juga beberapa hadis lainnya yang menganjurkan kita untuk memulai aktifitas dari pagi. Jadi intinya, banyak hal yang bisa kita kerjakan di pagi hari sebelum pergi ke kelas untuk menuntut ilmu. Kita bisa mempersiapkan satu hari kedepan lebih mantap sehingga ketika menjalani aktifitasnya akan merasa lebih siap dan InshaAllah juga lebih berkah. Kalau mati adalah kepastian, hidup adalah pilihan. Begitu quote yg aku dapatkan dari mas Google. Yuk, kita raih kesuksesan sejak dini hari! 

Penulis : Farnaz Unsil Habieb

Gambar : beritagar.id Dalam hidup ini kita mempunyai banyak pilihan, dari pertama kali kita membuka kelopak mata sampai akhirnya tida...

0 Komentar: