Ketika Facebook Ikut Bersaksi

September 15, 2017 Forum Tarbiyah 0 Komentar

Gambar : danielgarciaart.com

Iseng saya browsing, ternyata jumlah pengguna aktif Facebook di dunia mencapai hampir 2 milyar. Indonesia menempati urutan ke-4, dimana pengguna aktifnya mencapai 60,3 juta dari total populasi 253,6 juta jiwa.

Didalamya berisi banyak komentar, status dan gambar. Dari mulai yang bernuansa dakwah, sosial, kemanusiaan, jualan, curhat, gosip, keluh-kesah, hingga celaan dan fitnah. Semua ada. Saya membayangkan betapa kewalahannya si FB  jika kelak di hari kiamat ia dipanggil untuk menjadi saksi di pengadilan akhirat.

Mungkin akan ada pintu Jannah yang terbuka untuk si "A" karena FB bersaksi bahwa A sering menebar dakwah, atau kebaikan humanis lain di wallnya. Sehingga banyak yang terinspirasi dan tercerahkan karnanya.

Mungkin ada juga si “B” yang ikut meraup pahala karena sibuk mengamalkan ilmu dan hikmah dari si “A”, atau ikut share status dan komentar si “A” yang menurutnya layak di ketahui oleh teman-teman di friends list nya.

Ada pula si “C” yang sibuk menambah dosanya karena FB bersaksi bahwa C ini gemar mengumpat, memaki saudaranya, menipu pelanggan, atau menggoda dan merusak rumah tangga orang lain.

Ada juga si “D” yang ikut terseret ke NERAKA karna FB bersaksi bahwa D ini sering menzalimi orang lain, suka memfitnah, membuat atau menyebar meme provokatif, atau tergesa-gesa menyebar berita dusta (hoax) tanpa diklarifikasi sebelumnya.

Di posisi yang manakah kita….? Yang A,B,C atau yang D kah…

Jangan sampai di akhirat kelak kita termasuk dalam golongan MUFLIS, dimana pahala kita direbut oleh mereka yang pernah kita dzalimi di dunia. Atau mungkin kita jadi tempat pembuangan dosa dari orang yang pernah kita dzalimi. Naudzubillah.

Smartphone yang kita pegang saat ini….
Laptop yang sedang kita pandangi ini….
Mata yang sedang kita buka ini….
Bahkan kedua jari tangan yang sedang mengetik ini…
Semuanya akan menjadi saksi.

Bahkan jika ALLAH berkehendak sosial media yang kita punya akan menjadi saksi atas apa yang telah kita bagikan di status, komentar yang pernah kita tuliskan bahkan semuanya..

Sanggupkah kita menjawab kesaksian dari akun media social yang kita punya saat ini kelak di akhirat? Tanyakanlah pada hati nuranimu. Apa yang telah kita lakukan di akun Facebook.

Penulis : Yunita Zakiya

Gambar : danielgarciaart.com Iseng saya browsing, ternyata jumlah pengguna aktif Facebook di dunia mencapai hampir 2 milyar. Indonesia ...

0 Komentar: