Menjadi Baik

Agustus 18, 2017 Forum Tarbiyah 0 Komentar

Gambar : media.buzzle.com

Keluar, beristirahat sejenak dari rutinitas itu menyenangkan. Menemukan banyak waktu untuk berfikir dan membuat kita lebih bisa merasakan diri sendiri. Merenungi hidup. Berapa lama lagi waktu yang tersisa ? dan warna apa yang akan digoreskan disisa hari-hari itu. Pertanyaan-pertanyaan itulah yang menggerakan hati dan kaki kita untuk terus berjalan mencari peluang-peluang kebaikan diluar sana. Kata ibu, belajar dan berusahalah menjadi orang yang bahagia, orang yang mendedikasikan hidupnya bukan untuk dirinya sendiri tapi juga untuk orang lain. Ya, bukankah hidup tidak akan berarti kalau kita tidak bisa memberi ?

Waktu, kehidupan, perjalanan, akan selalu maju kedepan dan tidak akan pernah mundur arahnya. Kita harus memiiki progress. Mendewasakan diri untuk membuat perubahan yang lebih baik lagi. Membawa diri untuk bisa merasa daripada hanya merasa bisa. Mencoba untuk lebih peka, memberikan yang terbaik untuk setiap kesempatan dalam hidup dan saling menginspirasi.

Al Quran pun memiliki satu istilah istimewa tentang hidup “Barangsiapa yang beramal shalih, baik laki-laki maupun perempuan, dan dia beriman, maka akan kami hidupkan dengan hayyatan thayibah (kehidupan yang baik)”. Sebuah kombinasi rasa qana’ah dan ridha. Kehidupan kalbu, kenikmatan hati, dan rasa bahagia karena keimanan serta ma’rifah kepada Allah, begitu kata Ibnul Qayyim.

Dan selama kita masih hidup, berarti kita harus siap terkejut. Karena tidak selamanya kita berada di atas dan tidak terus menerus berada dibawah, kadang penuh dengan kebahagiaan, kadang juga kesedihan. Tapi seorang yang beriman akan selalu memandang baik setiap kejutan hidup, sepahit apapun kondisinya, seberat apapun menjalaninya, karena pasti ada kebaikan yang masih tersembunyi, yang tertunda untuk melengkapi bagian yang lainnya, dan kita yang harus terus mencari arti dari takdir-Nya.

Penulis : Salsabila

Gambar : media.buzzle.com Keluar, beristirahat sejenak dari rutinitas itu menyenangkan. Menemukan banyak waktu untuk berfikir dan me...

0 Komentar: