Shalat Tahajud, Ibadah Sunnah yang Menakjubkan

Februari 22, 2017 Forum Tarbiyah 0 Komentar

Gambar: islamituindah.my
“Kerjakanlah shalat malam, karena shalat malam itu kebiasaan orang-orang yang shaleh sebelum kamu dahulu, juga suatu jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah, juga sebagai penebus pada segala kejahatan (dosa) mencegah dosa serta dapat menghindarkan penyakit dari badan”. (HR.Imam Tirmidzi & Ahmad)

Kutipan hadist diatas merupakan satu dari banyaknya hadist yang meriwayatkan tentang shalat tahajud. Dari terjemahan hadist diatas kita bisa merenungi bahwa shalat tahajud merupakan shalat sunnah yang tidak biasa, shalat yang Allah khususkan derajatnya, dan merupakan shalat sunnah yang mempunyai ganjaran lebih dibanding shalat sunnah lainnya. 

Banyak hal yang dapat kita petik manfaatnya dari shalat tahajud, sebagai contoh ketika seseorang ingin belajar di malam hari ia pasti menggunakan waktu sepertiga malamnya agar bisa menyerap pelajaran dengan mudah, di waktu itulah ketika Allah melihat usaha kita dan kita pergunakan waktu tersebut untuk menunaikan shalat dan bermunajat kepada Allah. Inilah mengapa shalat tahajud memiliki ganjaran yang lebih dibanding shalat sunnah lainnya, karna selain mendapat pahala, sebagai penghalang berbuat salah, dan menghindarkan dari penyakit, orang-orang yang menunaikan Shalat tahajud juga termasuk tiga golongan manusia yang dicintai oleh Allah.

Shalat tahajud merupakan ibadah yang menakjubkan.. Dari sisi kesehatan misalnya, menurut Dr. Abdul Hamid Diyab dan Dr. Ah Qurquz mengatakan “shalat malam dapat meningkatkan daya tahan (imunitas) tubuh terhadap berbagai penyakit yang menyerang jantung, otak dan organ-organ tubuh yang lain”, menakjubkan bukan? Itu hanya baru berbicara soal kesehatan, selain itu hadist lain mengatakan “Mengapa orang yang selalu melakukan shalat Tahajud wajahnya lebih indah? Sebab mereka menyendiri bersama Ar-Rahman (Allah), sehingga Allah memberikan kepadanya cahaya-Nya.”[38]. 

Keutamaan lain dari melaksanakan shalat sunnah sepertiga malam ini adalah ibadah yang sangat dicintai Allah, mengapa? Karna selain mendapatkan manfaat yang banyak, shalat ini memiliki kedudukan yang lebih di mata Allah, ketika di hari kiamat kelak orang-orang yang di dunia nya istiqomah melakukan solat tahajud akan mendapat keringanan ketika di hisab, dapat dengan mudah menyebrangi jembatan Shirotol Mustaqim yang dibaratkan seperti halilintar yang menyambar, catatan amalnya diberikan ditangan kanan,dll. 

Selain mendapat ganjaran di hari kiamat kelak, di dunia pun Allah memberikan ganjaran yang tidak biasa, seperti dipelihara oleh Allah SWT dari segala mara bahaya, akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai oleh semua manusia, lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah, dan masih banyak lagi.

Shalat tahajud merupakan shalat sunnah yang ‘wajib’ dikerjakan bagi umat Islam, terutama untuk pemuda-pemudi di zaman sekarang ini. Kebutuhan rohani seseorang tidak akan terpenuhi jika tidak diimbangi dengan amalan-amalan sunnah yang mungkin menurut kita hanya mendapat ganjaran yang kecil namun mendapat pahala yang tak disangka-sangka. Dan satu lagi sebuah perkataan "Jika impiamu tidak mampu membuatmu bangun malam dan mendirikan solat tahajud, maka impian itu tidak seserius yang engkau inginkan".  Shalat tahajud inilah salah satu shalat sunnah yang apabila kita kerjakan mendapat banyak kebaikan dan jika tidak dikerjakan akan merasa merugi. Wallahu a’lam.


Penulis : Inas Syarifah

Gambar: islamituindah.my “Kerjakanlah shalat malam, karena shalat malam itu kebiasaan orang-orang yang shaleh sebelum kamu dahulu, juga...

0 Komentar: