Pendidikan Bermutu, Syarat Hakiki Bangsa Besar

November 12, 2016 Forum Tarbiyah 0 Komentar

Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah, berbagi nasihat pada mahasiswa Indonesia di IIUM
"Pendidikan bukan segala-galanya, tapi semua berasal dari pendidikan"
Malam (8/11) yang senyap disertai rintikan hujan tidak meredam kesediaan mahasiswa/i Indonesia yang belajar di International Islamic University Malaysia untuk menghadiri kajian bulanan Forum Tarbiyah. Kajian rutin islam yang mengobarkan semangat dakwah ini alhamdulillah dapat di hadiri puluhan mahasiswa baik lokal maupun internasional.

Tausiyah yang di sampaikan oleh Bapak H. Mahyeldi Ansharullah kali ini bertema “Peran Mahasiswa dalam Mewujudkan Masyarakat Madani”. Berperan penting dalam membawa perubahan di kota Padang, menjadikan beliau dekat dengan pemuda serta terjun langsung dalam mentransfer energi positif untuk mewujudkan masyarakat madani. Menyatukan langkah, presepsi dan kekompakanlah yang menjadi mantra beliau yang dilantik pada tahun 2014 ini. Dengan berilmulah, masyarakat madani dapat terwujud.

Beliau menambahkan bahwa pendidikan bukanlah segala-galanya, namun bukan berarti mesti dikesampingkan jua, bahkan ayat pertama dalam Al-Qur’an yang turun merupakan sebuah perintah untuk membaca, yang notabene merupakan salah satu cara mutlak dalam menuntut ilmu.

Imam Abu Abdullah Muhamad bin Idris atau yang lebih dikenal sebagai imam As-syafi’I merupakan sosok yang tepat dalam konten ini, seorang ulama dari negeri gaza yang ajarannya telah melebarluas dan dipegang erat oleh penduduk muslim di Indonesia serta kebanyakan muslim di asia, sadar akan maslahat umat dalam memegang ajaran islam yang kokoh, membuatnya berperan penting dalam mengukir sejarah keilmuan islam.

Jarum jam menunujuk arah 22.05, artinya para peserta diperbolehkan untuk bertanya. Pertanyaan pertama berupa pernyataan. Dimana dunia hari ini menyerukan akan pentingnya pendidikan akademik, hasilnya pendidikan mental atau keimanan ternomor duakan. Keseimbanganlah yang menjadikannya sempurna.

Tausiyah singkat beliau sangatlah sesuai untuk dijadikan reminder utama kita sebagai mahasiswa, yang konon katanya memiliki laqab agent of change dan masa depan negeri ini akan berada di pundaknya. Makanya, yuk sama-sama kita berbaris paling depan, serta saling rangkul untuk mewujudkannya. 

Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah, berbagi nasihat pada mahasiswa Indonesia di IIUM "Pendidikan bukan segala-galanya, tapi ...

0 Komentar: