Yuk, Berbagi Kebahagiaan untuk Para Petugas Kebersihan IIUM

Juni 10, 2016 Forum Tarbiyah 0 Komentar

Mak Nurlela
"Biar gigi Mak sudah habis, Mak puasa penuh tau. kerja pun meski sedikit Mak tetap buat. Allah tak suka kalau kita ni malas.", sambil tergelak Mak Nurlela berbagi kisahnya di kantin Kulliyah of Education, IIUM, suatu siang.

Meninggalkan kampung halamannya di Sumatera Barat, beliau merantau ke Malaysia sejak puluhan tahun silam. Berbagai jenis pekerjaan pernah beliau lakukan. "Yang penting halal. Suami Mak meninggal ketika anak-anak Mak masih kecil-kecil.", ujarnya.

Mak Nurlela sudah tidak ingat lagi berapa lama beliau bekerja sebagai petugas kebersihan di IIUM. Setengah berkelakar beliau mengibaratkan bekerja di IIUM sejak masih bisa berlari kencang hingga untuk berjalanpun susah.

Bagi beliau, bekerja bukanlah semata untuk uang. Namun juga sudah menjadi hobinya. Yah, hobi beliau adalah bekerja. Bahkan ketika umur beliau sudah tidak lagi mudapun beliau tetap meminta kepada Daya Bersih untuk mengizinkannya bekerja.

"Alhamdulillah Daya Bersih memberi izin. Itu pun kerja Mak tak banyak seperti dulu.", katanya.

Mak Nurlela hanyalah satu dari sekitar 600 petugas kebersihan dan pertamanan di IIUM. Mereka inilah yang berjasa besar menjaga kebersihan area kampus dan mahallah sehingga tempat ini menjadi sedemikian nyaman. Selain warga negara Indonesia dan Malaysia, sebagian kecil pekerja berasal dari Kamboja, Nepal, dan Bangladesh.

Sebagai wujud kepedulian dan juga ucapan terimakasih atas dedikasi kerja mereka, Fotar IIUM giat melaksanakan berbagai kegiatan yang melibatkan para pekerja tersebut. Di antaranya adalah dengan menyelenggarakan majelis taklim untuk para pekerja yang diadakan setiap minggunya di mahallah-mahallah. Melalui majelis ini para pekerja diberikan pemahaman dan bimbingan agama. Juga diajarkan membaca Al Qur'an.

Selain itu, setiap Ramadhan Fotar IIUM juga membagikan bingkisan bahan makanan kepada para pekerja, dikemas dalam kegiatan bertajuk Sharing for Surroundings. Kegiatan yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2012 ini diharapkan bisa membantu mereka dalam menjalankan ibadah puasa apalagi isi bingkisan adalah kebutuhan sehari-hari seperti minyak goreng, tepung, sarden, gula, teh, dan beberapa barang lain. Dana untuk kegiatan ini dihimpun dari donasi yang diberikan oleh berbagai pihak. 

Tahun ini Sharing for Surroundings kembali diadakan. Kesempatan untuk berdonasi kembali dibuka. Berapa pun jumlahnya, in shaa Allah akan turut menyunggingkan senyum di wajah para pekerja. Karena bagi mereka, bingkisan semacam ini adalah bukti bahwa masih ada yang peduli.

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan untuk niat baik di bulan yang juga penuh berkah ini. In shaa Allah.


Kontak: Sdr. Kieren Akbar +60 11-3374-0936

Donasi:

Bank Muammalat Malaysia - 1407-0010199-72-1 - a.n. Yusuf Ali
Bank Muammalat Indonesia - 2410-01583 - a.n. Amjad Dhiyaulhaq

Mak Nurlela "Biar gigi Mak sudah habis, Mak puasa penuh tau. kerja pun meski sedikit Mak tetap buat. Allah tak suka kalau kita ni m...

0 Komentar: