Menundukkan Pandangan

September 21, 2015 Forum Tarbiyah 1 Komentar

Dan tundukkanlah pandanganmu...

Hi guys.. Udah pada kenalan belum sama yang namanya GB. Kalo kata temen-temen gue yang jebolan pesantren sih udah ga asing lagi sama kata GB yang alias Ghodhul Bashar. Ghodul Bashar berasal dari kata bahasa arab yang berarti menahan, mengurangi atau menundukkan pandangan. Maksudnya menjaga pandangan kita dari hal-hal yang mendekati zina. Seorang sahabat berkata, “Dua mata itu berzina dan zina itu memandang" ternyata lewat mata aja bisa timbul zina loh..., waduh??! hayoooo siapa yang ga GB???!!

Pasti kita sering mendengar kalimat yang satu ini deh “dari mata turun ke hati”  ini dia yang perlu diperhatikan sob. Pernah denger ada hadits Rasulullah SAW yang mengatakan bahwa pandangan pertama itu adalah rezeki sedangkan yang kedua adalah musibah kan?.. Nah loh serem amat. Maka dari itu kita harus hati-hati, yah..kalo ada yang cantik-cantik atau yang ganteng-ganteng lewat lebih baik lower your gaze deh. Cukup diliat sekali aja. Tapi sekalinya jangan lama-lama juga ya, mentang-mentang dibilang sekali jadi dipandangin terus sampe ga kedip...hehehe.

Karena setelah kita memandang orang itu untuk kedua kalinya adalah zina. Hati-hati setan bermain sob, bisa aja kita berimajinasi hal-hal negatif yang mengarah pada perbuatan zina karena kita yang tidak menjaga pandangan, na'udzubillah.. Nah, kalo dari pandangan aja kita ga bisa menjaga, maka akan sangat mudah bagi setan untuk menghasut kita dengan hawa nafsu yang dikamuflase dengan kata cinta, itu yang dinamakan turun ke hati. Dan tanda kalo setannya menang nih.. ujungnya bakal menjerumuskan manusia kepada maksiat.

So, kita harus tahu nih ada beberapa akibat negatif jika tidak menjaga pandangan :
  1. Terancam jatuh terhadap zina
  2. Merusak hati
  3. Lupa ilmu
  4. Turunnya bala, ada dikisahkan seorang sahabat melihat wanita cantik lalu menjadi buta. Ia berkata, buta matanya ini sebagai bala di dunia.
  5. Menambah lalai terhadap Allah dan akhirat
Manfaatnya :
  1. Membebaskan hati dari kesesalan. Seperti yang kita ketahui penyesalan selalu datang diakhir. Apabila tanpa disadari kita telah melakukan perbuatan zina, pasti akan merasa menyesal pada saat itu juga atau mungkin di kemudian hari.
  2. Hati yang terpancar cahaya.
  3. Terbukanya pintu ilmu
  4. Mempertajam firasat dan prediksi
  5. Menjadi salah satu datangnya mahabbatullah
Faktor-faktor yang mampu mendorong untuk GB :
  1. Merasa Allah dekat dengan kita.
  2. Menghindari hal-hal yang dapat mendatangkan zina.
  3. Meyakini manfaat menahan pandangan.
  4. Melaksanakan perintah Rasulullah SAW.
  5. Perbanyak puasa.
  6. Menyalurkan keinginan lewat jalur yang halal.
  7. Bergaul dengan orang Shalih/ah.
  8. Selalu takut akan su’ul khotimah ketika meninggal.
GB itu sebaik-baiknya kita yang mengatur sob. Nunduk sih nunduk tapi jangan sampe kepentok tiang juga kalo lagi jalan yaa.. hehe. Trus kalo dalam organisasi gimana tuh? nunduk terus dari awal sampe rapat selesai? Perhatikan juga apa yang disampaikan, jangan perhatiin siapa yang menyampaikan, ntar dia bisa salting (hahaha..)

Coba dilihat lagi manfaat dari menjaga pandangan, Subhanallah deeh siapa coba yang ga mau dapet kenikmatan tersebut? Pasti semuanya mau lah yaa. So, yuk kita menjaga pandangan ^^
Semoga bermanfaat:)
#spreadthekhayr

Penulis: Avicenna

Dan tundukkanlah pandanganmu... Hi guys.. Udah pada kenalan belum sama yang namanya GB. Kalo kata temen-temen gue yang jebolan pesantr...

1 komentar:

  1. Izin simpan gambar sama edit ya gan untuk keperluan dakwah :)

    BalasHapus