Selagi Belum Putus, Longgarin Aja Jamnya #curcol

April 30, 2015 Forum Tarbiyah 0 Komentar

Jam Karet
Waktu…. Sudah lama saya terpikir tentang waktu tapi tidak pernah menemukan solusinya. Sesusah itukah untuk datang tepat pada waktunya? Ketika kita berjanji akan datang jam 1, maka datanglah jam 1, jangan datang jam 1.15 or even worse jam 1.30. Kalau memang tidak ada yang menghalangi, alangkah baiknya datang tepat pada waktunya. Berdasarkan pengalaman saya, banyak yang telat dengan alasan, “ah palingan juga dia juga telat, 15 menit lagi deh jalannya” atau ketika untuk hadir ke sebuah program alasannya adalah “ah yang lain juga pasti pada telat, terus paling acaranya ngaret, santai aja ah, 30 menit lagi deh jalannya”. Begitulah yang dipikirkan oleh si fulan, tentu saja acaranya akan ngaret, karena semua fulan pun memikirkan hal yang sama. Itulah mengapa penyakit ini ngga akan bisa hilang.

Walaupun ada yang berusaha untuk datang tepat waktu, tapi mungkin yang akan dia rasakan adalah “percuma aja gue dateng tepat waktu kalau semuanya aja ngaret gini, mending gue dateng nya ntar ntar an aja”. Bagaimana bisa penyakit ngaret ini bisa sembuh kalau hal ini selalu terjadi, solusi nya tidak terfikirkan oleh saya. Tapi Alhamdulillah saya masih dikelilingi oleh orang-orang yang inshaaAllah baik, bahkan saya teringat akan perkataan salah seorang kawan saya yang bunyinya “pergaulan mana yang mau tepat waktu di bilangnya sok-sok an” sontak saya tertawa mendengar perkataan kawan saya ini, karena di satu sisi saya sangat setuju, tapi di sisi lain sedih karena merasa hampir semua jenis pergaulan lebih mengutamakan ngaret dan yang tepat waktu itu dibilang sok-sok an. Terus kenapa saya ketawa mendengarnya? Entahlah, saya pun tidak mengerti. Hahahaha

Waktu… kalau berbicara masalah waktu banyak sekali hal-hal yang menjadi perhatian saya. Khususnya bagaimana caranya agar tidak menyi-nyiakan waktu, karena waktu memiliki sifat yang kalau sudah pergi, tidak akan kembali lagi. Mungkin dia tersesat dan tidak tahu arah jalan pulang kali ya~ (peace). Tapi benar, kita tidak boleh menyia-nyiakan waktu kita, terlebih lagi kaum muda, karena dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh H.R Tirmidzi, salah satu dari 4 pertanyaan yang akan di tanya pada hari kiamat adalah digunakan untuk apa saja waktu mudanya. Karena kaum muda masih memiliki sangat banyak tenaga dan sedang mengalami perkembangan yang besar. Sehingga sangat sia-sia jika kita menggunakan masa muda kita untuk hal yang tidak ada manfaatnya. Jika waktu shalat masuk, pergilah ke masjid atau surau untuk shalat. Saya teringat suatu perkataan yang mungkin hampir setiap hari umi katakan kepada saya “orang muda yang ke masjid itu janjinya surga loh” ya benar saja, kaum muda masih punya banyak tenaga untuk pergi ke masjid, siapa tahu di masa tua nanti kita sudah kehabisan tenaga, bahkan untuk pergi ke kamar mandi saja harus di tenteng. Lagipula, betapa mulia nya kaum muda yang menyegerakan shalat ketika waktu untuk shalat lima waktu sudah masuk, mertua mana yang bisa nolak anak muda kayak gini ya kaan.

Di dalam Al-Qur’an sendiri sangat banyak peringatan dari Allah SWT agar jangan menyia-nyia kan waktu, sebagai contoh, surat yang sudah sangat terkenal, yaitu surat Al-Ashr, yang artinya:
“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al ‘Ashr: 1-3).
Tuh, Allah SWT udah ngingetin kita semua supaya menggunakan waktu kita untuk mengerjakan amal shaleh, kalau tidak kita akan termasuk ke dalam golongan orang-orang yang benar-benar dalam kerugian. So ayo guys, usahakan agar selalu menggunakan waktunya untuk hal-hal yang bermanfaat, produktif dan baik dihadapan Allah SWT, kalau capek mengerjakan satu hal, lakukan hal bermanfaat lainnya, sehingga kita ngga kepikiran hal macem-macem. Jangan sampe deh ada waktu kosong pokoknya yang kita melakukan hal-hal yang ngga bermanfaat.

Eeeehhhh di tengah nulis ini ane telat dateng rapat, rasanya kayak nampar diri sendiri pake meja yang ane buat sendiri hhh…. Ya memang pesan di tulisan ini tamparan banget sih buat ane, semoga kita semua bisa lebih menghargai waktu dan tidak menyia-nyiakannya. Aamiin..
Penulis: Yusuf Ali

Jam Karet Waktu…. Sudah lama saya terpikir tentang waktu tapi tidak pernah menemukan solusinya. Sesusah itukah untuk datang tepat pa...

0 Komentar: